JJ Royal Aceh Gayo

Tags

, , ,

jj royal aceh gayoBerawal dari keinginan merasakan kopi dengan aroma dan rasa yang lain dari yg pernah dicoba, akhirnya saya mampir ke salah satu hypermarket di Jakarta. Pikiran saya siapa tau ada produk kopi baru atau yang belum pernah saya coba. Mampir ke salah satu corner beverage, akhirnya sampelah saya ditempat JJ Coffee.

Wuih..banyak juga ya variant produknya dari berbagai macam jenis kopi dari seluruh nusantara. Dari mulai Aceh Gayo, Mandailing (sumatera), Gunung biru (kawah ijen-jawa Timur), Kintamani (Bali), Flores, sampai ke kopi Papua.

Saya akhirnya memutuskan membeli kopi Aceh Gayo (Arabika). Mungkin karena sudah lama juga saya tidak mencicipi kopi yang satu ini. Nah, lebih jauhnya, yuk mari kita coba rasakan saja nikmatnya.

Bubuk kopinya halus dan warnanya agak gelap. Wangi kopi dengan aroma yang kuat dan strong sangat terasa. Agak asam pas saya coba langsung cicip bubuk kopinya. Mungkin lain hal kalau sudah diseduh ya.

Memang benar. Rasa asam agak berkurang pas saya seduh. Terasa kuat sekali aroma dan rasa kopinya. Rasa kopinya masih terasa dimulut sehabis kita minum.. uhmmm enak deh pokoknya… mantap dan kayaknya perlu anda coba deh…yuk mari nyicip….

Sedikit review:
– Rasa: ****
– Aroma: ****
– Keasaman: **
– Aftertaste: ****

Kopi Vietnam: Tien Dat Buon Me Thuot

Tags

, ,

Tien Dat coffeeSiapa yang gak kenal sama kopi Vietnam. berbagai macam jenis kopi, dihasilkan dari negeri yang perekonomiannya baru saja bangkit setelah lama di invasi oleh Amerika. Vietnam merupakan salah satu produsen dan exportir coffee terbesar dunia. Dari data tahun lalu saja, Vietnam menempati urutan kedua setelah Brazil. Sedangkan negara kita, menempati urutan ke-4 setelah Kolombia.

Kali ini, kita coba nyicip kopi dari Vietnam, jenis kopi nya adalah kopi moka. merknya cukup asing didengar. Tien dat. Setau saya, salah satu produsen kopi terbesar di Vietnam adalah Trung Nguyen. Merk lengkapnya sih: Tien Dat Buon Me Thuot Coffee. Duh, saya mana ngerti arti nya apa.. check di mbak Google juga gak ada. Ah mungkin ini salah satu produsen kopi lokalnya sana. Tempatnya agak aneh karena dibungkus dalam kaleng setinggi 25 cm.

Tau gak, pas dibuka, wangi harum kopi tercampur aroma moka dan susu mulai tercium.. uhmm wangi sekali…Serbuk/bubuk kopinya masih kasar. Tapi rasanya enak dimulut. Kita coba seduh aja nih…emang wangi aromanya dan rasanya nikmat. Rasa asamnya sedikit terasa, tapi mungkin kadarnya gak banyak kok. Saya menyeduhnya langsung pakai air panas, jadi ampasnya masih banyak nih yang tersisa. Harusnya memakai Vietnam Drip sebagai alat seduh dan saringan nya. Di Vietnam sendiri, banyak yang menambahkannya dengan susu kental manis (sebagai pengganti gula) atau pun ditambah dengan adonan dari telur. Ih..hh apa enaknya ya kalau dicampur krim telur ya. Mungkin ada juga yang suka. Who knows ūüôā

Sedikit Review:
‚Äď Rasa: ****
‚Äď Aroma: ****
‚Äď Keasaman: **
‚Äď Aftertaste: ***

Kopi bubuk cap AAA Jambi

Tags

, , , ,

kopi aaaNgopi yuk..

Kebetulan sore ini pas banget nih buat acara ngopi-ngopi. Selain cuacanya mendukung, eh taunya, dapet kiriman kopi lagi nih dari temen. Kopi asal Jambi. Wah berarti Nusantara kita kaya dong ya sama berbagai varietas kopi dan setiap daerah punya kebun kopi sendiri.

Jambi?.. memang kopi ditanam disana juga, saya kok baru tau ya…hehehe mungkin ada daerah tertentu yang memang menanam. Di produksi oleh produsen NEFO, kopi ini kelihatan cukup menjanjikan.

Gak pake lama bin nunggu, saya pun langsung menyeduhnya..Wanginya serasa kopi hangus dan rasanya sedikit asam. Serbuk kopinya juga lumayan halus dan warnanya agak gelap.

Kalau dicoba cicip, uhm.mmm enak juga sih..rasanya sedikit unik daripada kopi lainnya. Agak asam memang dan rasanya pahit. Pahit mungkin saya menyeduh kopinya terlalu banyak ya..hehehe Kalau dikasih gula mungkin lain ceritanya..

Sedikit review:
– Rasa: ***
– Aroma: ***
– Keasaman: **
– Aftertaste: **

Sisi positif dan negatif minum kopi

Tags

,

efek kopiJika kita berbicara tentang minum kopi, kadangkala kita beranggapan bahwa minum kopi adalah kebiasaan yang kurang sehat. Memang betul sih, pada beberapa aspek seperti untuk ibu hamil sangat di cegah karena efek kafein terhadap janin cukup fatal. Tapi kita juga jangan mengesampingkan manfaat kopi untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat/tidak berlebihan. Lalu, apakah manfaat dan efek negatif kopi yang harus kita ketahui, berikut ulasannya.

1. Manfaat Positif Minum Kopi
– Memberikan nutrisi dan anti oksidan tinggi bagi tubuh
– Mengurangi resiko terkena penyakit Parkinson dan Stroke
– Meningkatkan metabolisme tubuh hingga 20 persen
– Beberapa penelitian menunjukan minum kopi dapat meningkatkan fungsi Kognitif (fungsi dari otak untuk menerima, mengolah, menyimpan dan menggunakan kembali)
– Memberikan efek terjaga dan semangat untuk beraktivitas

2. Efek Negatif Minum Kopi
– Mengakibatkan efek jantung berdebar, hipertensi, insomnia.
– Bagi yang memiliki masalah dengan asam lambung, minum kopi bisa memberikan efek nyeri pada lambung anda
– Kadar asam pada kopi dapat menyebabkan masalah pada otot dan tulang dikemudian hari.
– Untuk ibu hamil memang tidak disarankan minum kopi, karena kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan resiko keguguran.

Nah setelah kita tahu manfaat dan efek negatifnya, bagi peminum kopi, ada baiknya minum kopi sesuai dengan takaran dan jumlah yang tidak berlebihan dan untuk selalu banyak mengkonsumsi air putih untuk mengimbanginya.

Sumber : Wikipedia dan berbagai sumberlainnya

Kopi illy

Tags

, , ,

illy coffeeSiapa yang tidak kenal dengan kopi satu ini. Kopi illy yang memang produksi negara Italia ini kini selain bisa ditemui di beberapa gerainya di hotel-hotel, sekarang bisa kita temukan juga dibeberapa supermarket terkenal di ibukota, seperti Food hall, Ranch market, Lotte Supermarket bahkan di Carefour pun sudah tersedia.

Nah, kali ini saya coba nyicip kopi illy yang 100% Arabica. Illy expresso, ground coffee dengan medium roasted itulah namanya.Tertutup rapi dalam kemasan kaleng silver, sederhana, namun terkesan mewah. Strip color warna merah mengindikasikan terkesan kopi dengan cita rasa tinggi.  Uhmm..m.. Langsung deh terbayang aroma dan rasanya yg nikmat.

Open the can please….
Serbuk kopi yg masih agak kasar, wangi namun tercium agak asam. pas dicicip dilidah memang rasa asamnya terasa sekali tapi kalau diseduh, mungkin rasanya agak berbeda ya..yuk kita coba cicip saja.

Aroma kopipun langsung tercium. Aromanya tidak terlalu strong dan rasanya pun sedikit asam. Mungkin hanya di lidah saya saja. atau mungkin teman-teman yang sudah merasakan kopi ini pun merasakan hal yang lain.

Kesan kopi kental, aroma kopi gosong dan wangi harum kopi tidak tercermin disini. Ekspektasi saya akan hal diatas jadi kesan tersebut tidak mengena. Sekali lagi, mungkin karena saya kurang senang dengan rasa kopi yang asam dan semua kembali ke anda sebagai penikmat kopi.

Sedikit Review:
– Rasa: ***
– Aroma: ***
– Keasaman: ***
– Aftertaste: ***

Gusto Ricco

Tags

,

Gusto Ricco…

Kopi aneh apa lagi ini.Gusto Ricco
Dilihat dari namanya, semacem kopi dari negeri negeri menara Pisa berada, Italia. Tidak salah sih, sekilas saya pun menduga demikian tetapi kopi satu ini memang asli produksi dalam negeri loh…

Gusto Ricco from Eight Beans.
Itulah namanya. Produksi VictoOro dari Bogor ini memiki kemasan hitam berbalut tulisan warna merah memberi kesan mewah dan menyimpan suatu produk kopi premium didalamnya.

Tak kenal maka tak sayang. Begitulah kata pepatah.
Nah daripada kelamaan mandangin bungkusnya, yuk teman-teman pecinta kopi, kita coba cicip kopi satu ini.

Bubuk kopinya memang masih kasar. Tak sehalus grinding kopi lainnya. Wanginya tercium wangi buah seperti citrus atau lemon dan tercium agak masam. Mungkin paduan si Robustanya lebih kental kali ya..

Ceritanya nih kita seduh nih teman. Uhmmm aromanya kopi sih biasa ya. gak terlalu wangi atau harum. Agak asam tapi body nya lumayan kuat. Tapi sayangnya kesan after taste nya gak bertahan lama dilidah, padahal dari keterangan packagingnya sih skala 7 dari 10 loh.
Tapi not bad lah, kopi ini patut teman-teman coba.

Sedikit Review:
– Rasa: **
– Aroma: **
– Keasaman: ***
– Aftertaste: **

Kopi Menoreh

Tags

, ,

kopi menorehNamanya saja terdengar asing ditelinga. Menoreh?.. uhmm.mm seperti nama daerah di daerah pulau Jawa.
tapi entahlah.

Sore ini teman, kebetulan ada teman yang bawa oleh-oleh kopi. Pas banget nih sama waktunya ngopi-ngopi. Lumayan, dibawain kopi lokal yang dari namanya saja belum pernah terdengar.  Tapi, kopi apa lagi kah ini. Baru kali ini penulis tahu kalau ada kopi dengan nama ini. Kopi Menoreh, Kopi jenis Lanang. Sekilas packagingnya sederhana dan terlihat serbuk halus, lembut dan agak gelap.

Kira-kira apa ya rasanya?.. cicip yuk.
Eitt..tt tunggu dulu teman…
Yuk, kita kenalan dulu sama kopi satu ini.

Kopi jenis robusta ini berasal dan dihasilkan petani lokal dari desa Samigaluh, Kulonprogo, Jogjakarta. Dari jenisnya tergolong pada kopi lanang. Maksudnya kopi lanang disini adalah kopi yang dipetik dari buah kopi tunggal, tumbuhnya tidak bergerombol pada dahan kopi.

Setelah diseduh, wangi kopi hitam kental pun menyeruak. Agak kurang wangi sih dibandingkan kopi pada umumnya, namun, lumayan lah buat teman sore hari. Air kopinya yang dihasilkannya cukup hitam pekat. Pas dicicip, terasa kadar asamnya yang tinggi dan pahit (mungkin proses roastingnya terlalu lama). Atau karena memang kopi jenis ini pahit ya…

Bagi peminum kopi pemula, mungkin kurang disarankan karena pahit dan keasamannya yang tinggi.

Sedikit Review:
РRasa          : **
РAroma        : **
– Keasaman : ****
РAftertaste  : **

Kopi Sobat

Tags

, , ,

Siang teman-teman pecinta kopi,

kopi Sobat baliKali ini, saya mendapat kiriman kopi dari teman di Bali.
Kopi Sobat namanya.
Mengingat namanya saja sudah Sobat.., uhmmm terlintas dalam hati mungkin si penjualnya mau mengekspose  dan mendekatkan kopi sebagai sobat/sahabat si peminum kopi itu sendiri.

Will see and let you know…

Kalau dilihat nih, penampakan Ground coffee satu ini, bubuk kopinya masih agak kasar/kurang halus. Tetapi aroma kopinya tercium sangat kuat. Paduan kopi jenis Arabica dan Robusta jadi bahan dasar racikannya. Tidak tau pasti dengan jelas, kopi dari daerah mana yg jadi bahan racikannya itu…
Ya sudahlah teman, mari kita cicip saja kopinya.

Srupuu..utt..tt. uhmmm.mmm…

Kesan pertama cita rasa kopinya sendiri memang kuat, akan tetapi tingkat keasamannya tinggi juga ya. Kalau boleh diperingkat, mungkin tingkat aciditynya 4 dari nilai 5. Wanginya sih terkesan biasa saja, tidak seharum wangi kopi yang saya kenal. Karena tingkat keasamannya yg lumayan tinggi, kesan sobat/sahabat yang mau dilekatkan jadi agak kurang tepat menurut saya. Tapi itu semua kembali lagi karena mungkin saya kurang suka dengan kopi yg asam…

Ada yg bilang suka, ada juga yg tidak. Semua kembali kepada anda sebagai penikmat kopi.

Sedikit Review:
РRasa         : **
РAroma       : **
– Keasaman : ****
– Aftertaste : **
– Rekomendasi: **

Robusta Gold vs Arabica Gold Excelso

Tags

, , ,

Morning teman pecinta Kopi…

excelsoPagi ini saya coba mencicip dan membandingkan dua tipe kopi yg berbeda produknya Excelso. Arabica gold vs Robusta gold..Kira-kira nikmat yang mana ya…
yuk mari disimak teman-teman…

  1. Arabica gold.
    Pas dibuka, uhmm..mm langsung tercium kuat wangi khas jenis kopi Arabica. kalau dilihat dari penampakannya nih teman, dari segi warna terlihat lebih gelap namun aroma kopi lebih kuat/kental. Merunut kepada info dipackagingnya sih, cita rasa dan tingkat keasamannya skala 3 dari 5.
  2. Robusta gold
    Nah yg satu ini warnanya lebih kecoklatan dan tidak sehitam si saudaranya, Arabica. Aroma lebih light, tercium wangi fruity & serasa ada aroma coklat/caramel juga loh. Selain body scorenya lebih rendah , ternyata tingkat keasamannya pun lebih rendah juga dari si Arabica…uhmm..mm biasanya yg saya temuin malah jenis robusta tuh yg aciditynya tinggi.

Diicip-icip punya rasa, dua-duanya memang enak, tergantung selera teman-teman pecinta kopi sih. Tapi kalo boleh memilih, kali ini lebih prefer si Robusta gold yg keasamannya lebih rendah tapi cita rasanya masih oke punya. Mungkin bisa teman-teman cicip dan bandingkan juga loh ya…

Gitu tuh reviewnya kali ini…
next, mungkin saya coba jenis kopi lainnya juga ya…

Will see and stick around guys..

Sedikit Review:

  1. Arabica Gold:
    РRasa         : ***
    РAroma       : ***
    – Keasaman: ***
    – Aftertaste : ***
    – Rekomendasi: ***
  2. Robusta Gold:
    РRasa         : ****
    РAroma       : ***
    – Keasaman : *
    РAftertaste  : ***
    – Rekomendasi: ****

Kopi Nusantara

Tags

, ,

coffee bagsSetelah kita mengenal asal muasal kopi, jenis -jenis kopi dan perbedaannya, gak pas nih kalau teman-teman pecinta kopi tidak disuguhkan informasi tentang kopi Nusantara, kopi lokal yang tumbuh, berkembang dan dihasilkan dari tanah negeri kita. Dengan keuntungan struktur tanah yang baik dan iklim tropis, membuat kopi kita kaya akan berbagai karakteristik yang berbeda dan tentunya unik.

Kali ini penulis ingin mengupas dan membeberkan beberapa jenis kopi yang terkenal dari ranah kita. Jadi… yuk kita simak saja…

1. Kopi Aceh Gayo

Siapa yang gak kenal sama kopi yang satu ini. Yap betul…kopi dari Aceh. Ditanam didataran tinggi Gayo, Aceh bagian tengah. Kopi jenis arabica ini, terkenal dengan kenikmatan aroma dan rasanya. Walaupun terbilang pahit, namun kopi gayo menempati tempat tersendiri dikalangan penikmat kopi.

2. Kopi Sumatera

Kopi satu ini memiliki tiga macam kopi yang berbeda yaitu Sidikalang, Lintong dan Mandheling. Tapi Kopi Sidikalanglah yang paling terkenal. Dengan cita rasa yang unik, dalam dan kental, kadang tercium dan terasa wangi rempah-rempah juga loh. Nama Sidikalang sendiri merupakan nama daerah di Sumatera Utara.

3. Kopi Toraja

Dengan karakteristik kopi dengan tingkat keasaman yang tinggi, Kopi yang berasal dari Sulawesi ini tidak kalah nikmatnya. Dengan rasa dan aroma yang khas, lain dari pada kopi nusantara yang ada. Namun, jenis kopi ini  tidak meninggalkan bekas rasa kopi dilidah dalam waktu yang lama.

4. Kopi Jawa

Nah mungkin kopi ini yang paling banyak dikenal ya sama pecinta kopi. Tanah jawa tidak kalah juga loh dalam menghasilkan variant kopi yang nikmat untuk dicicipi. Walaupun cita rasanya tidak sekuat kopi dari tanah Sumatera atau Sulawesi, namun kopi Jawa ini memiliki kekhasan rasa dan aroma yang unik tuh. Salah satu kopi nya yang terkenal adalah Kopi Malabar, dari Pangalengan Bandung.

5. Kopi Kintamani

Bali selain terkenal karena tempat wisatanya, ternyata juga menghasilkan jenis kopi yang unik dan tak kalah bersaing nikmatnya. Salah satunya adalah kopi Kintamani. Kopi kalau kita cicip, terasa rasa kopi nan lembut dan cenderung manis. Dengan cita rasa aroma buah-buahan, dan kadang¬† kala dicampur dengan rempah-rempah, menjadikan kopi ini layak anda coba. Unik bukan?…

6. Kopi Flores

Cita rasa kopi yang berat dan asam menjadi ciri khas kopi jenis ini. Tergolong jenis kopi arabica dan dihasilkan dari kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Ciri kopinya, memiliki biji kopi besar dan warna berkilau. Beberapa orang yang sudah mencicipi kopi ini, akan terasa dilidah ada rasa-rasa tembakaunya.. uhmm..mm benar atau tidak, perlu kita coba.

7. Kopi Papua

Kopi yang terakhir ini memang berasal dari ujung timur Indonesia. Serasa ingin menunjukan bahwa kopi ini tidak kalah bersaing dengan kopi dari daerah lainnya, kopi ini diolah khusus secara organik dan tradisional. Kopi Papua atau banyak juga dikenal dengan Kopi Papua Wamena, ditanam di lembah pegunungan Jaya Wijaya (Lembah Baliem) yang beriklim 15 derajat celcius loh. Tapi jangan salah, kopi ini mampu bersaing dari segi cita rasa dan aroma dengan kopi lainnya. Anda tertarik mencoba?….